hey

Rabu, 08 Juni 2011

bagian bagian sepadah fixie

bagian-bagian sepeda fixie: merakit sendiri

Sekarang ini banyak dimana-mana orang menggunakan sepeda,terutama sepeda fixie. ya, sepeda fixie memang lagi ngetrend atau lagi buming
Sepeda fixie sekarang sudah banyak dijual ditoko-toko sepeda.ada yang sudah jadi ada juga yang masih batangan atau terpisah,jadi kita bisa merakitnya sendiri.nah apabila anda ingin merakit sepeda fixie sendiri sesuai dengan keinginan anda coba baca ini terlebih dahulu. siapa tau ini bisa membantu.



Bagian sepeda fixie
-Frame
Anda bisa memilih bentuk frame sesuai dengan selera anda.namun yang perlu diperhatikan adalah dropoutnya.dropout adalah komponen sepeda untuk tempat fixed gear .carilah dropout yang horizontal.janganlah memilih dropout vertikal karena bisa lepas hub saat kita ngerem atau ngegowes kebelakang.

dropout horizontal
dropout semi horizontal
















                                         -Rims / Velg


rims sepeda fixie biasanya lebar dan tebal.dipasaran banyak tersedia  velg atau rims untuk ukuran 700 berwarna-warni.

-Ban / Tire 


Umumnya fixie menggunakan ukuran ban / roda 27 dan 700..notabenenya kebanyakan orang merakit fixie  dengan ukuran roda 700 kenapa. kebanyakan dari anda pasti melihat bahwa fixie identik dengan warna cerah hal itupun ditunjukan dengan warna ban yang cerah dan berwarna-warni. 

-Ruji / Nipple 


Setiap velg memiliki jumlah lobang yang berbeda.. jadi jumlah nipple yang akan dibelipun berbeda, baiknya anda membeli velg terlebih dahulu lalu membeli ruji

-Fixed gear hub


Hub atau bos adalah tempat anda meletakkan ujung-ujung ruji dan merupakan poros roda berputar. inilah yang membuat beda sepeda fixie dengan sepeda lain.Sepeda Fixie mengunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.

-Crank

Crank adalah  gear yang menyatu dengan tangkai pedal, ukurannya dan jumlah runcingannya pun berbeda-beda tiap seri, semakin besar ukurannya. Maka kayuh yang dibutuhkan sedikit, sehingga ukuran besar biasanya lebih laju dibanding crank yang ukuran kecil. Pemilihan crank untuk sepeda fixie biasanya yang jumlah runcingnya kurang lebih 40, 48, 56 runcingan, ini sudah standar digunakan.


-Stang


Stang bisa menggunakan model yang mana saja sesuai dengan keinginan anda

-Stem

Stem yang digunakanpun bervarias, ada jenis bangau, ada jenis lurusan



-Rantai

Rantai sepeda fixie menggunakan rantai sengle speed ukurannya biasanya  1/2 x 1/8 x 114L dengan banyak warna yang bisa disesuaikan dengan warna frame

Tidak ada komentar:

Posting Komentar