hey

Selasa, 07 Agustus 2012

TERNYATA, KULIT SEMANGKA TURUNKAN HIPERTENSI


Umumnya, sayur dikonsumsi dengan cara dimasak. Namun, para ahli tanaman justru menyalahkan cara kuno itu karena sayur-sayuran akan kehilangan enzim (biomolekul yang berupa protein) sehingga tidak bermanfaat lagi bagi tubuh.

Bambang Irianto, ahli tanaman dan obat herbal, menemukan cara baru untuk mendapatkan keseluruhan enzim dalam kandungan sayur-sayuran, yakni dengan cara dijus mentah-mentah.

“Contohnya kulit semangka, banyak yang tidak tahu manfaatnya. Padahal kulit semangka itu bisa menurunkan darah tinggi,” kata Bambang dalam seminar kesehatan memanfaatkan sayuran mentah, di SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu) Malang, Jumat (11/5/2012).

Kulit semangka, jelas Bambang, mengandung sitrulin yang membantu mengeluarkan ammonia dari hati sehingga dapat bersifat detoksifikasi (membuang racun dalam tubuh). Kulit semangka juga dapat mengeluarkan asam nitrit, yang dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara membuat jus kulit semangka sangat mudah. Buang yang berwarna hijau lalu blender bagian putih kulitnya. “Tanpa tambahan apa pun, termasuk gula. Kalau ditambah bahan lain, enzimnya hilang,” jelas Bambang.

Untuk penyembuhkan hipertensi, penderita harus mengkonsumsi enam gelas sehari. Enam gelas jus kulit semangka, bisa didapatkan dari sepertiga buah semangka. Dalam waktu seminggu, penderita hipertensi akan merasakan manfaatnya.

“Kalau ingin mendapatkan rasa manis dalam jus, bisa ditambahkan wortel. Wortel mengandung zat gula yang juga bagus untuk kesehatan,” ungkap alumnus Universitas Brawijaya ini.

Selain kulit semangka, Bambang menjelaskan manfat dari jus pare. Pare ternyata bermanfaat untuk penderita diabetes. Caranya, buah pare diblender dan langsung dikonsumsi tanpa tambahan lain. “Intinya, untuk memperoleh ribuan enzim yang dibutuhkan tubuh, harus sayur mentah,” tegasnya.

Selain kulit semangka dan pare, Bambang menyebut sayuran lain seperti kecambah, bayam, dan kacang panjang juga sangat baik dijadikan jus kesehatan. Manfaat dari jus sayur-sayuran itu banyak sebagai bahan antioksidan. “Dengan biaya murah, kita bisa sehat setiap saat,” tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar